Mengatasi Komputer Blank Hitam

Mengatasi Komputer Blank Hitam

Halo sobat bloger selamat pagi, siang, sore, malam. Nanonesia mau coba berbagi pengalaman mengatasi komputer sobat yang jika di nyalakan hidup akan tetapi di layar monitor tidak keluar gambar, Pusing rasanya jika komputer kita ketika waktunya mau di gunakan ternyata blank hitam di layar monitor tidak tampil apapun padahal kerjaan sudah menumpuk seabreg abreg.

Hal umum yang sering terjadi ketika komputer kita blank tersebut hal yang harus di cek satu persatu ialah

Gambar kabel Vga

VGA

Coba cek bagian kabel apa masih bagus apa tidak, kemudian pastikan monitor yang kita gunakan benar masig bagus dan layak untuk di pergunakan karena beberapa kasus terkadang layar monitor  rusak tidak bisa menampilkan gambar, kedua coba cek kabel yang tersambung ke vga apa masih benar benar bagus apa tidak, karena dari kabel vga yang bermasah bisa menyebabkan tidak adanya tampilan ke monitor.

Gambar Ram

RAM ( Random Acces Memory )

Coba cek bagian Ram karena biasanya kalau komputer sudah lama tidak di gunakan biasanya ramnya tidak berfungsi sempurna akibatnya ke aliran listrik dari Ram itu sendiri tersumbat, caranya bukalah Ram dari motherboard lalu bersihkan bagian kaki kaki Ram mengunakan penghapus atau bisa juga  menggunakan minyak tiner dengan memakai tisu, setelah di bersihkan coba pasang kembali lalu di coba menyalakan komputer kembali.
Gambar Motherboard

Motherboard

Cek motherboard komputer kita, karena biasanya motherboard yang sering kita pakai jika lama tidak di bersihkan akan banyak debu yang menempel di motherboard tersebut akibatnya motherboard akan tidak berpungsi, Cara membersihkannya cukup dengan koas atau peniup debu, setelah selesai coba pasangkan kembali
Gambar Power Suplly

Power Suplly

Cek kelayakan Power suplly komputer kita kenapa, karena power Suplly yang lama kita gunakan terus menerus lama lama akan kurang berpungsi baik, biasanya suka banyak tahanan yang gosong atau lemah apalagi daya listrik di rumah kita sering mati hidup terkadang power supplly suka mati total di karenakan listrik yang suka naik turun.

Catatan :
1. Hal yang paling mudah biasanya cukup dengan membersihkan ram sudah cukup membuat komputer kita normal kembali
2. Hal yang sulit jika semua sudah di cek tapi tetap masih ga bisa hidup komputer kita kemungkinan masalah bisa dari Ram yang perlu di ganti atau juga Power suplly yang sudah lemah terakhir motherboard anda yang rusak terpaksa mesti ganti yang baru.

Sekian share info dari saya semoga bermanfaat bagi sobat dan menjadi bahan pertimbangan sebelum membawanya ke teknisi profesional. Terima kasih sudah berkunjung

Suka / Bagikan :

Sampaikan Komentar Anda disini :